unsur unsur surat lamaran pekerjaan

Unsur-Unsur Surat Lamaran Pekerjaan – Bagian dan Strukturnya


Unsur-unsur surat lamaran pekerjaan sangat penting untuk kamu ketahui.

Pasalnya, untuk mendapat sebuah pekerjaan pada suatu perusahaan diperlukan surat lamaran pekerjaan, dan untuk membuat surat lamaran pekerjaan ini, kamu perlu mengetahui unsur-unsur apa saja yang harus terkandung di dalamnya.

Sebelum membahas mengenai unsur-unsur dari surat lamaran pekerjaan, mari kita bahas pengertian dari surat lamaran pekerjaan itu sendiri, karena seluruh materi surat lamaran pekerjaan sangatlah penting untuk diketahui dan dipahami.

Baca juga: Perbedaan Surat Resmi dan Surat Pribadi

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang ditujukan ke seseorang atau seorang pejabat yang memiliki kuasa penuh dalam pemberian pekerjaan atau jabatan dari orang yang sedang membutuhkan pekerjaan.

Selain itu, terdapat arti lain yang bisa menjadi arti dari surat lamaran pekerjaan, yaitu surat dari calon karyawan ke calon atasan yang berisi permintaan agar calon atasan tersebut memberi pekerjaan kepadanya.

Surat lamaran pekerjaan pada umumnya memiliki sifat yang resmi atau formal, karena surat ini berperan penting untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

Jadi, bahasa yang digunakan pada surat lamaran pekerjaan pun harus menggunakan bahasa formal.

Unsur-Unsur Surat Lamaran Pekerjaan

Selain memiliki unsur-unsur yang wajib kamu ketahui, sebuah surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar juga memiliki ciri-ciri yang harus kamu perhatikan dengan baik.

Ciri-ciri surat lamaran yang dipergunakan untuk melamar sebuah pekerjaan yang baik dan benar adalah:

  • Isi dari surat memiliki bentuk yang menarik
  • Isi surat mengandung bahasa yang menarik dan sopan
  • Menggambarkan dengan baik kemampuan yang dimiliki sang pelamar
  • Tepat pada sasaran yang dituju

Jika surat lamaran pekerjaan yang kamu buat sudah memenuhi ciri-ciri di atas, maka bisa dibilang surat yang kamu buat tersebut sudah benar.

Setelah membahas mengenai ciri-ciri dari surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, sekarang sudah waktunya untuk kita membahas mengenai unsur-unsur yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan. Apa sajakah unsur-unsur tersebut?

Kepala Surat

Kepala surat pada surat lamaran pekerjaan berisi tentang perihal pembuatan surat tersebut yang ditulis dengan menggunakan huruf besar, bergaris, dan tebal.

Tempat dan tanggal pembuatan surat

Tempat dan tanggal surat lamaran pekerjaan dibuat di pojok kanan bagian atas surat. Ingat, yang dimaksud tempat dan tanggal pembuatan surat disini bukan berarti waktu sungguhan dari pembuatan surat tersebut, akan tetapi waktu pengiriman surat.

Kamu juga perlu memperhatikan dengan baik penulisan tempat dan tanggal surat ini.

Identitas pelamar

Identitas diri sang pelamar juga wajib untuk dicantumkan di dalam surat. Sebab, identitas diri pelamar berfungsi untuk memudahkan pihak perusahaan menghubungi sang pelamar.

Identitas diri dalam surat lamaran pekerjaan harus dibuat serinci mungkin dan beberapa data seperti nama lengkap, jenis kelamin, agama, alamat lengkap, tanggal lahir, nomor telepon, alamat email, serta alat bantu komunikasi lainnya wajib terisi dengan benar dan baik.

Hal atau perihal

Hal atau perihal pada suatu surat lamaran pekerjaan dibuat dengan tidak bertele-tele dan langsung ke inti tujuan dari surat tersebut.

Jika hal merupakan pokok dari surat lamaran pekerjaan yang dibuat, perihal berfungsi sebagai berikut:

  • Petunjuk pokok permasalahan yang dibuat secara menyeluruh
  • Suatu referensi
  • Petunjuk bagi petugas surat agar mencatat, mengarsipkan, dan menyimpannya
  • Lampiran

Lampiran yang dimaksud disini adalah sebuah lembaran yang berisi data-data lain selain surat utama, seperti misalnya daftar riwayat hidup, surat pengalaman kerja, pas foto, fotokopi ijazah, dan data-data sejenis ini lainnya.

Alamat surat yang dituju

Alamat surat yang dituju harus dibuat serinci mungkin, jangan sampai ada kesalahan tulisan pada saat menulis alamat surat yang dituju, jadi perhatikan dengan baik sebelum mengirim surat lamaran pekerjaan.

Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan dengan baik dalam pembuatan alamat surat yang dituju:

  • Penulisan nama sang penerima diawali dengan huruf besar atau huruf kapital
  • Penulisan alamat surat harus dibuat serinci mungkin dan sudah dipastikan lengkap dan benar
  • Penulisan nama sang penerima surat harus lengkap dan benar, tidak boleh ada kesalahan sama sekali

Bagian-bagian surat lamaran pekerjaan

Sebenarnya, struktur surat lamaran pekerjaan tidaklah susah untuk dipahami sehingga bisa dikatakan kamu tidak akan kesusahan untuk membuatnya.

Bahkan, secara umum sistematika, surat lamaran pekerjaan sama saja dengan surat resmi. Jadi, apa saja yang termasuk dalam bagian surat lamaran pekerjaan?

Simak jawabannya di bawah ini dengan baik:

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Nomor surat
  3. Lampiran
  4. Hal atau perihal
  5. Alamat tujuan
  6. Salam pembuka atau alinea pembuka
  7. Isi
  8. Identitas sang pelamar pekerjaan
  9. Tujuan surat
  10. Lampiran
  11. Salam penutup atau alinea penutup
  12. Tanda tangan sang pelamar pekerjaan

Bagian-bagian yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan ini harus dibuat secara detail dan benar serta menggunakan bahasa yang sopan.

Jadi, sebelum mengirim surat lamaran pekerjaanmu itu, pastikan bagian-bagian ini sudah kamu tulis dengan benar dan lengkap.

Jenis-jenis surat lamaran pekerjaan

Selain ciri, unsur, dan bagian dari surat lamaran pekerjaan, kamu juga wajib mengetahui jenis-jenis dari surat lamaran pekerjaan, karena kenyataannya surat lamaran pekerjaan dapat digolongkan menjadi 2 jenis menurut pembuatannya. Berikut penjelasan lengkapnya:

Surat lamaran gabungan

Jenis surat lamaran pekerjaan yang pertama ini biasa disebut dengan surat lamaran gabungan, karena di dalam surat lamaran jenis ini, biasanya digabungkan dengan daftar riwayat hidup atau bisa juga disebut dengan curriculum vitae.

Pada surat lamaran gabungan, daftar riwayat hidup yang dicantumkan ke dalam isi surat jenis ini akan bersifat gabungan. Jadi, sesuai dengan nama dari jenis surat lamaran ini.

Surat lamaran terpisah

Dan jenis surat lamaran pekerjaan yang kedua ini biasa disebut dengan surat lamaran terpisah. Mengapa begitu?

Karena di dalam surat lamaran terpisah isinya akan dipisahkan dengan daftar riwayat hidup.

Daftar riwayat hidup pada surat lamaran jenis ini biasanya akan dicantumkan bersamaan dengan lampiran, jadi terpisah dengan surat lamarannya itu sendiri.

Macam-macam sumber lamaran pekerjaan

Setiap orang akan menemukan lamaran pekerjaan di tempat atau sumber yang berbeda-beda, karena memang lamaran pekerjaan tersedia atau ditawarkan di beberapa sumber yang berbeda.

Dimana saja kita bisa menemukan lamaran pekerjaan?

  • Lamaran pekerjaan berdasarkan informasi kenalan dekat, teman, dan keluarga
  • Lamaran pekerjaan yang berasal dari iklan yang dimuat di koran, TV, majalah, radio, atau media jenis ini lainnya
  • Lamaran pekerjaan yang didapatkan dari pengumuman perusahaan itu sendiri
  • Lamaran pekerjaan yang berdasarkan pengumuman kantor penempatan kerja
  • Lamaran pekerjaan berdasarkan minat sang pelamar itu sendiri alias tanpa sumber tertentu

Karena sumber-sumber lamaran pekerjaan sangatlah beragam dan tidak menentu di satu tempat saja, jadi jika kamu memang memiliki tekad kuat untuk mencari pekerjaan pasti tidaklah susah untuk menemukannya.

Yang penting, kamu harus melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Contoh surat lamaran pekerjaan

Masih merasa bingung dengan pembuatan surat lamaran pekerjaan?

Jika iya, kamu bisa perhatikan contoh surat lamaran pekerjaan yang ada di bawah ini, dan semoga setelah mempelajari contoh surat tersebut kamu jadi bisa lebih memahaminya.

Berikut salah satu contoh surat lamaran pekerjaan:

Contoh surat lamaran pekerjaan

Bogor, 15 Maret 2021

Yth. Manager PT Simone

Jl. Barokah No. 11 RW 2, Wanaherang, kec. Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, 16960

(021) 8673005

Lampiran: Satu lembar

Perihal: Lamaran pekerjaan

Dengan Hormat, berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari iklan koran Kompas hari Jum’at tanggal 12 Maret 2021, bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan karyawan pada bidang administrasi, oleh karenanya saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Puspita Purwaningsih

Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 14 Mei 1996

Jenis kelamin: Perempuan

Status perkawinan: Belum kawin

Agama: Islam

Pendidikan/Jurusan: S1 Administrasi

Alamat: Jl. Gandoang No. 94 RT 5 RW 6, kab. Bogor, Jawa Barat

Nomor HP: 08123456789

Dengan ini maka saya sampaikan permohonan untuk Ibu/Bapak, supaya bisa diangkat menjadi karyawan dalam perusahaan yang Ibu/Bapak pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:

  1. Fotokopi ijazah terakhir beserta transkrip nilai berlegalisir, masing-masing 1 lembar
  2. Pas foto berukuran 3×4 cm yang sebanyak 3 lembar
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Daftar riwayat hidup
  5. Surat keterangan kesehatan
  6. Surat keterangan perlakuan baik

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, cukup besar harapan saya supaya Bapak/Ibu mempertimbangkannya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,

(Puspita Purwaningsih)

Contoh surat di atas sangat mudah untuk dipahami bukan?

Oh iya, ada beberapa hal lagi yang harus kamu perhatikan dengan baik ketika membuat surat lamaran pekerjaan.

Beberapa hal ini tidak banyak kok, hanya ada 2 namun tidak kalah penting dengan materi-materi lainnya.

Perhatikan ini Saat Membuat Surat Lamaran Kerja

Berikut 2 hal yang perlu untuk kamu perhatikan pada saat membuat surat lamaran pekerjaan:

Proses pembuatan surat lamaran pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan ini dapat ditulis tangan menggunakan keratas bergaris dengan size folio.

Namun, tulisannya harus terlihat dengan jelas, bersih, dan tidak ada coretan sedikit pun di sekitarnya.

Karena membuat surat lamaran pekerjaan dengan cara ditulis cukup ribet, jadi saat ini banyak orang yang sudah beralih membuat surat lamaran pekerjaan menggunakan komputer atau laptop.

Penyebutan diri di dalam surat lamaran pekerjaan

Penyebutan diri sang pelamar tidak dengan menggunakan kata kami melainkan saya.

Pelamar juga harus menyebut pimpinan perusahaan yang dituju dengan sebutan Bapak/Ibu atau bisa juga dengan menyebutkan langsung jabatan dari pimpinan perusahaan tersebut.

Kedua hal penting ini sangatlah sering diremehkan oleh beberapa orang pada saat membuat surat lamaran pekerjaan.

Padahal, jika kamu memperhatikan kedua hal ini dengan baik, kemungkinan besar surat lamaranmu terlihat lebih menarik sangatlah tinggi. Jadi, mulailah memperhatikannya!

Sampai disini sudah paham kan?

Unsur-unsur surat lamaran pekerjaan memang cukup beragam, tapi untuk memahaminya dengan betul tidaklah membutuhkan waktu yang lama.

Selain itu, jika kamu sudah memahami ciri, unsur, dan bagian yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan, maka kamu akan bisa membuat surat lamaran pekerjaan dengan mudah.

Tunggu apa lagi?

Mulailah mencoba membuat surat lamaran, jadi ketika ada lowongan yang sesuai dengan minatmu, kamu sudah bisa mengirimkan surat lamaran pekerjaan yang menarik dan sesuai sasaran.

Tentang Penulis: adamprasetya

Pemilik usaha Percetakan Walisongo yang melayani segala macam order terkait kertas. Juga hobi membuat konten di website / blog lainnya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *