Contoh- contoh surat pengunduran diri dari perusahaan tentunya sangat dibutuhkan bagi setiap karyawan.
Hal ini sangatlah penting dalam upaya menambah wawasan dan pengetahuan yang baik terkait manajemen sebuah perusahaan.
Permasalahannya adalah ketika karyawan yang terlalu menyepelekan proses ini dan berujung pidana.
Baca juga: Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah
Karena tentunya surat pengunduran diri ini adalah bagian dari proses sistem struktural sebuah perusahaan.
Surat pengunduran diri tentu wajib diketahui meskipun perusahaan tersebut bukanlah perusahaan yang besar.
Karena menurut beberapa pakar dan fakta di lapangan, pengunduran diri secara baik- baik maka akan berdampak baik pula bagi kita ke depannya.
Tips Membuat Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan
Formalnya surat pengunduran diri ini dibuat secara tertulis dan tercetak. Namun kemajuan teknologi tentu setidaknya mempengaruhi sistem surat pengunduran diri.
Terkadang pihak HRD atau pihak Manajemen Sumber Daya Manusia yang ada di sebuah perusahaan tidak keberatan untuk memakai format lain.
Seperti surat pengunduran diri dari perusahaan word atau format online.
Sehingga terdapat sebagian HRD yang sudah memakai sistem online agar lebih mudah memprosesnya dan dapat menjadi arsip bagi perusahaan secara digital.
Bagi setiap orang yang hendak membuat surat pengunduran diri, haruslah memperhatikan format penulisan dengan baik.
Tentunya hal tersebut akan membantu staf kepegawaian dengan lebih mudah.
Terkadang surat yang baik dan dibuat dengan sungguh- sungguh akan mempengaruhi penilaian Anda terhadap staf kepegawaian.
Berikut tips agar tidak salah dalam membuat surat pengunduran diri:
- Surat harus memakai sistem kalimat dan kata yang formal.
- Surat berisi curahan hati yang umum dan tetap pada intinya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi distraksi dan penilaian pembaca.
- Surat harus berisi penilaian objektif terhadap kinerja kita dan tidak menjelekkan pihak- pihak yang bersangkutan.
- Mengeluarkan poin- poin pengunduran diri secara umum dan singkat.
- Tuliskan pujian terhadap pengalaman yang telah kita dapatkan selama bekerja.
- Setelah surat dibuat pastikan tidak terdapat kesalahan penulisan, baik identitas, tujuan, format tanggal dan setiap kata dalam surat tersebut.
- Memakai tulisan yang rapi dan terbaca bila tulisan tersebut dibuat manual dengan tulisan tangan.
- Bila surat tersebut dicetak maka pastikan surat terlipat dengan rapi, bersih dan lebih baik menyiapkan amplop surat.
- Surat harus dibuat secara serius dan tidak memasukkan sisi candaan.
- Tuliskan beberapa harapan dan ucapan terima kasih yang diiringi oleh do’a.
Contoh Surat Pengunduran Diri
Membuat surat pengunduran diri memang tidak begitu sulit atau mudah. Semuanya haruslah berdasarkan format yang baik dan dikemas dengan baik.
Hal ini bertujuan untuk mendapatkan timbal baik yang berguna untuk Anda ke depannya.
Berikut adalah beberapa contoh surat dari berbagai format:
Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan Yang Sopan
Silahkan download file word nya disini:
Bandung, 11 Januari 2022
Kepada Yth,
Bapak Sulaiman Selaku HRD PT. Maju Mundur
di Jalan Leuwi Alit, Kota Bandung
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Dengan Hormat,
Saya dalam pernyataan di bawah ini:
Nama: Didin Sanjaya
Posisi: Staf Marketing
Masa Kerja: 1 tahun, 2 bulan
Periode Kerja: 2021 – 2022
Bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari PT. Maju Mundur. Alasan dari pengunduran diri saya karena saya hendak pulang dan menetap di kota tempat saya dilahirkan. Terlebih karena saya sebelumnya sudah menetap di kota Bandung sudah cukup lama. Oleh karena itu saya hendak pulang ke kampung halaman saya di Bogor untuk meneruskan hidup saya di sana.
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesempatan untuk bekerja di perusahaan besar seperti PT. Maju Mundur ini. Di samping itu saya memohon maaf sebesar- besarnya bila selama ini saya belum memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Saya pun memohon maaf bila terdapat salah- salah sikap dan kata selama saya bekerja di sini.
Meskipun periode bekerja saya tidaklah lama, namun perusahaan ini sangat berarti dan dapat menjadi keluarga kedua bagi saya selama menetap di kota Bandung. Saya sama sekali tidak memiliki masalah internal maupun eksternal selama saya bekerja.
Apabila perusahaan memiliki permintaan secara administratif atau non-administratif saya bersedia untuk membicarakan lebih lanjut. Semoga perusahaan PT. Maju Mundur mendapat pegawai pengganti yang lebih cocok dan tetap sukses untuk semua staf dan jajaran direksinya.
Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat dengan kesadaran diri dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Terima kasih yang sebesar- besarnya.
Hormat Saya,
Didin Sanjaya
Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan Dalam Bahasa Inggris Sederhana
Silahkan download file word nya disini:
Jakarta, June 24, 2022
To Mr. Robert Downey
As Human Resources Manager, PT Iron Manufacture
Jl. Tony Stark Jakarta
The honorable,
Through this letter, it is with a heavy heart that I would like to inform you that I wish to resign, perhaps for the next one month.
Maybe for me this time is very hard to go through. But this decision I have thought carefully and I think this decision is at the right time. Especially when I look at the condition of the company’s management.
I am very proud to work in your company, sir. your company is a great company. However, other conditions decided me to act. Moreover, I may have other plans for my life. One of my plans is to return to the city where I was born to start a family business.
I am very grateful to your company for the opportunity to work while I am in Jakarta. I hope your company finds a better replacement. Besides that, I hope your company is more advanced and developed.
Thank you for your attention and understanding
Best regards
Scarlett Johansson
Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan Outsourcing
Silahkan download file word nya disini:
Jakarta, 1 Januari 2023
Kepada Yth,
Kepala PT. Sumber Outsourcing
Di Ruko Maju, Jakarta
Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Adam Sandler
Departemen: Teknisi Listrik
Jabatan: Staf Kelistrikan
Masa Kerja: 3 Tahun, 2 bulan
Perusahaan: PT. Listrik Sejahtera
Dengan ini saya menyatakan diri untuk mundur menjadi karyawan PT. Listrik Sejahtera melalui perusahaan Outsourcing yaitu PT Sumber Outsourcing. Alasan untuk mengundurkan diri adalah saya hendak melakukan tes secara resmi menjadi pegawai negeri yang dimulai kurang lebih 8 bulan lagi. Oleh karena itu saya hendak fokus belajar agar tujuan saya itu tercapai.
Saya membuat surat ini karena saya menghormati prosedural ketenagakerjaan dari perusahaan Outsourcing yang Bapak atau Ibu pimpin. Selain itu saya berusaha menjaga nama baik saya agar saya lebih mudah dalam proses pengunduran diri ini.
Keputusan ini berat bagi saya, namun hal ini sudah saya pikirkan matang- matang. Namun apabila ada hambatan dalam pekerjaan atau saya masih memiliki tanggung jawab yang mungkin tidak saya ketahui atau terlewatkan, maka saya bersiap diri untuk menuntaskannya sebelum saya keluar.
Demikian surat pengunduran ini saya buat. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada setiap pihak yang terkait. Atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih sebesar- besarnya.
Hormat Saya,
Parjo Setiawan
Format Surat Digital Atau Online Yang Harus Diperhatikan
Dalam membuat surat online tentu harus pula memperhatikan format- format surat pada umumnya.
Surat secara online rata- rata dapat dikirimkan melalui platform online seperti email atau mungkin aplikasi chat khusus yang ditujukan kepada bagian HRD.
Berikut adalah catatan untuk format surat digital atau online:
Format Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan PDF
- Bila menggunakan surat dalam format PDF pastikan penerima surat mampu membaca format PDF. Rata- rata sebagian orang belum terbiasa dengan format PDF.
- Bila memakai format online pastikan ukuran surat tidak terlalu besar. Font yang umum dan ukuran font yang tidak terlalu kecil.
- Anda dapat menambahkan momen seperti foto di PDF. Foto dapat berguna bila terdapat permasalahan dan bukti saat bekerja. Tetapi tetap perhatikan kerapihan dan kejelasan dari foto tersebut.
Format Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan Word
- Format dengan bantuan software Microsoft Word memang sangat umum. Namun hal ini sangat rentan karena format dari MS Word dapat diubah.
- Tipsnya adalah dengan mengubah format Word menjadi JPEG. Dengan format JPEG maka format pengunduran diri Anda tidak akan mudah untuk diubah. Namun pastikan pula ukuran JPEG tersebut layak terbaca dan jangan memakai JPEG dengan ukuran resolusi yang kecil.
Format Surat yang Sesuai
Meskipun kini surat dapat ditujukan secara digital, cetak, ataupun tertulis, surat pengunduran diri tetap harus menyertakan format yang sesuai. Berikut komponen surat yang sesuai:
- Kop surat (Bila perusahaan memilikinya)
- Cantumkan alamat seperti nama kota & tanggal pembuatan surat
- Mencantumkan nama panjang perusahaan dan domisili/ alamat perusahaan
- Selalu memberikan salam pembuka
- Data Diri Penulis Surat
- Alasan pengunduran diri
- Mencantumkan rencana mengundurkan diri beserta tanggalnya
- Ucapan terima kasih dan permohonan maaf
- Cantumkan ucapan penutup dan juga tanda tangan pembuat surat
Contoh Alasan Untuk Berhenti Bekerja
Bagi perusahaan besar baik itu instansi pemerintah atau perusahaan swasta tentu memiliki metode yang berbeda saat hendak mengundurkan diri.
Bagi sebagian karyawan tentunya terkadang tidak mudah untuk mengundurkan diri.
Hal itu diakibatkan akan kewajiban atau hak atau hal lainnya. Namun alangkah baiknya kita mengetahui alasan penting saat hendak mengundurkan diri.
Berikut ini beberapa alasan saat hendak mengundurkan diri yang siapa tahu dapat menjadi referensi:
Besaran Upah Tidak Selaras Dengan Besaran Kebutuhan
Ini adalah alasan yang cukup tepat bila Anda hendak mengundurkan diri. Terkadang ada pula perusahaan yang hanya mampu menggaji untuk biaya hidup satu orang, padahal mungkin saja karyawan itu butuh lebih karena banyaknya tanggungan keluarga.
Pindah Domisili
Hal ini adalah alasan yang dapat dipakai bila Anda hendak merantau atau pindah bersama keluarga Anda ke kota lain.
Akan Melanjutkan Pendidikan
Hak untuk melanjutkan pendidikan adalah hak setiap Individu. Terkadang alasan ini yang menjadi alasan karyawan untuk bekerja.
Apalagi faktanya banyak karyawan dengan latar belakang SMA yang hendak melanjutkan ke Perguruan Tinggi.
Tips Mengundurkan Diri yang Baik
Agar proses pengunduran diri dapat diterima dengan baik oleh perusahaan, banyak hal yang perlu Anda persiapkan selain membuat surat pengunduran diri di atas.
Oleh sebab itu, simak tips mengundurkan diri yang baik dan benar di bawah ini:
Infokan Pengunduran Diri Dari Jauh-jauh Hari
Tips selanjutnya, jangan mengutarakan keinginan pengunduran diri Anda secara mendadak kepada atasan Anda. Karena pengunduran diri secara mendadak ini bisa saja merepotkan beberapa orang di perusahaan.
Sehingga di sini Anda dapat menentukan waktu yang tepat, misal sekurang-kurangnya pada 1 bulan sebelum tanggal pengunduran diri.
Mengutarakan Keinginan Pengunduran Diri Kepada Atasan
Pastikan atasan di perusahaan Anda merupakan orang pertama yang mengetahui rencana resign Anda.
Bicaralah dengan atasan Anda secara langsung perihal pengunduran diri tersebut dengan baik. Berikan alasan atau penyebab pengunduran diri yang tepat dan profesional agar atasan Anda dapat memaklumi.
Tetap Bekerja Sebaik Mungkin
Umumnya jika pengunduran diri Anda sudah diproses oleh perusahaan, Anda masih harus bekerja sampai waktu yang telah ditentukan.
Misalnya saja 2 minggu setelah pengunduran diri Anda diterima, atau tergantung dari tanggal pengunduran diri yang telah ditetapkan sebelumnya.
Di sini Anda dapat bekerja seperti biasa dan dengan sebaik-baiknya. Meski telah mengundurkan diri, bukan berarti Anda bekerja dengan sembarangan.
Justru di saat-saat terakhir bekerja, Anda dapat bekerja lebih maksimal untuk memberikan kesan positif kepada perusahaan Anda.
Tidak Membawa Masalah Pengunduran Diri ke Dalam Ranah Pribadi
Setiap orang yang hendak resign atau mengundurkan diri tentu memiliki alasan masing-masing.
Salah satu alasan yang cenderung banyak dialami adalah ketidakcocokan dengan perusahaan atau bahkan rekan kerja itu sendiri. Hal ini memang sudah lumrah terjadi di dalam dunia kerja.
Oleh karena itu, masalah pengunduran diri tersebut jangan sampai dibawa ke dalam ranah pribadi Anda. Jangan sampai masalah yang menyebabkan pengunduran diri Anda disebarluaskan di tempat kerja hingga di media sosial.
Menyebarkan alasan pengunduran diri tersebut dapat meninggalkan kesan negatif terhadap diri Anda sendiri.
Mengembalikan Semua Properti Perusahaan
Secara umum apalagi di perusahaan besar, setiap karyawan akan diberikan fasilitas atau properti untuk mendukung pekerjaan itu sendiri.
Nah, sebelum Anda mengundurkan diri pastikan untuk membereskan sarana perusahaan tersebut dengan teliti dan jangan sampai ada yang tertinggal atau bahkan terbawa pulang.
Misalnya mulai dari laptop, kartu asuransi, handphone, ID card, motor, mobil dan lainnya harus Anda kembalikan secara lengkap.
Karena pada umumnya perusahaan memiliki form serah terima untuk hal seperti ini. Pastikan semua properti tersebut telah dibereskan semua untuk dikembalikan di hari terakhir Anda bekerja.
Berpamitan Dengan Baik
Tips yang terakhir ini memang umum dilakukan oleh setiap karyawan yang hendak mengundurkan diri.
Namun, tidak sedikit pula yang lebih memilih langsung pergi tanpa berpamitan baik dengan atasan ataupun rekan kerja.
Akan tetapi hal ini sangat penting dilakukan sebagai sikap yang baik dari seorang karyawan teladan.
Dan cara berpamitan yang baik ini pun dapat Anda lakukan baik secara langsung, ataupun melalui e-mail untuk memberikan kesan positif pada diri Anda.
Tidak Memutuskan Kontak Dengan Atasan dan Rekan Kerja
Ini adalah salah satu tips mengundurkan diri yang harus Anda lakukan. Di sini Anda dapat menjaga kontak yang baik bersama rekan kerja hingga atasan.
Sebab bisa jadi, suatu saat Anda akan membutuhkan pekerjaan lain atau bahkan proyek bisnis bersama mereka.
Jadi, jangan menghilang begitu saja dan jaga kontak dengan atasan hingga rekan kerja Anda setelah resign.
Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengundurkan Diri
Tidak sedikit orang malah kebingungan mengenai persiapan untuk pengunduran diri. Sebab yang paling identik dengan resign atau mengundurkan diri ini ialah Surat Pengunduran Diri saja.
Namun lebih dari itu, banyak hal-hal penting yang harus Anda persiapkan agar pengunduran diri berjalan dengan baik.
Daripada bingung, simak hal-hal yang harus dipersiapkan saat resign berikut ini:
Sebagai Warga Negara Indonesia yang taat hukum, Anda wajib memenuhi persyaratan pengunduran diri yang sesuai dengan Undang Undang.
Seperti dalam Undang Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003, berikut ini:
- Mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis dalam selambat-lambatnya 30 hari sebelum tanggal pengunduran diri.
- Tidak terikat dalam ikatan dinas.
- Tetap menjalankan kewajibannya sampai tanggal pengunduran diri tersebut.
Menyelesaikan Pekerjaan Sebelum Resign
Bagi Anda yang memiliki proyek atau pekerjaan yang belum diselesaikan, usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sebelum mengundurkan diri.
Targetkan pekerjaan selesai sampai tanggal pengunduran diri yang telah ditentukan. Jangan sampai Anda dicap lari dari tanggung jawab karena tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut.
Mencari Pekerjaan Pengganti
Jika Anda termasuk orang yang realistis, Anda tentu akan mencari pekerjaan pengganti terlebih dulu sebelum mengajukan permohonan pengunduran diri.
Karena Anda tentu tidak ingin pengunduran diri ini berdampak pada keuangan Anda.
Terlebih, Anda pun tentu tidak ingin menganggur setelah mengundurkan diri. Cara tersebut memang tidak salah, Anda dapat melakukannya selama tidak melanggar ketentuan perusahaan dan tetap menjalankan tanggung jawab terhadap perusahaan. Namun hal ini harus Anda pikirkan dengan bijak.
Mempersiapkan Dana Darurat
Sebelum mengundurkan diri Dana Darurat ini perlu Anda persiapkan dengan tepat. Dana darurat sangat penting, terlebih untuk Anda yang belum memiliki pekerjaan pengganti setelah resign.
Bisa dibilang dana darurat ini dibutuhkan untuk biaya mencari pekerjaan baru hingga biaya hidup selama Anda menganggur.
Meminta Surat Paklaring Kepada Perusahaan
Meminta Surat Paklaring ini sangat penting sebelum Anda mengundurkan diri dari perusahaan.
Sebab Surat Paklaring ini merupakan sebuah surat pernyataan, yang menyatakan bahwa Anda pernah bekerja pada perusahaan tersebut.
Dengan kata lain, Surat Paklaring dapat dijadikan bukti yang dapat memperkuat Curriculum Vitae atau CV yang Anda buat ke depannya.
Surat Paklaring pun dapat menjadi bukti bahwa Anda tidak berbohong pada saat mencantumkan pengalaman kerja pada CV tadi.
Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar
Membuat Surat Pengunduran Diri ini memang terdengar mudah, namun harus dilakukan dengan baik dan benar.
Pastikan membuat Surat Pengunduran Diri sesuai dengan struktur yang berlaku dan juga sesuai dengan standar umum seperti dalam contoh-contoh yang telah dibahas di atas.
Setelah itu, Anda dapat menyerahkan surat pengunduran diri kepada atasan 1 bulan sebelum tanggal pengunduran diri yang ditetapkan.
Sebelum menyerahkan surat tersebut, persiapkan mental yang kuat agar Anda dapat menjawab berbagai pertanyaan dari atasan yang mungkin akan sulit untuk dijawab.
Terkadang mengundurkan diri itu dibutuhkan bila Anda sudah menentukan rencana kehidupan.
Dengan contoh surat pengunduran diri dari perusahaan di atas, maka diharapkan Anda mengetahui betapa pentingnya sebuah format penulisan yang formal. Agar memunculkan kesepahaman dan menghindari kesalahpahaman saat mengundurkan diri.